soal belajar dan pembelajaran dan jawaban ( zacary ngeblog )



1.       Menurut Ki Hajar Dewantara, lingkungan pendidikan mencakup, kecuali…
a.       Lingkungan keluarga
b.      Lingkungan remaja
c.       Lingkungan sekolah
d.      Lingkungan masyarakat
2.       Dalam lingkungan keluarga terdapat keluarga inti, kecuali…
a.       Nenek
b.      Ayah
c.       Ibu
d.      Anak
3.       Lingkungan sekolah dipahami sebagai lembaga pendidikan formal, dimana ditempat inilah kegiatan belajar mengajar berlangsung, ilmu pengetahuan diajarkan dan dikembangkan kepada anak didik. Pendapat tersebut adalah pendapat menurut...
a.       Ki Hajar Dewantara
b.      Ir. Soekarno
c.       Soeharto
d.      Tulus Tu’u
1.Sebutkan prinsip-prinsip  yang di terapkan pada proses pembelajaran model ARSC
      A. attention
      B.relefance (relevasi)
      C.confidence (percaya diri)
      D.kepuasan
2.Sebutkan macam-macam motovasi,KECUALI
     A.Movitasi intrisik
     b.motivasi ekstrinsik
     C.motivasi keluar
     D.motivasi kedalam
3. Sebutkan yang dapat di kembangkan dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa..
      A.menjelaskan  tujuan belajar kesiswa
      B.berilah hadiah kepada siswa yang berprestasi
      C.Saingan kompetensi
      D.pujia    
1.       Yang termasuk ruang lingkup evaluasi pendidikan, kecuali
a.       Ranah kognitif
b.      Ranah emosional
c.       Ranah afektif
d.      Ranah psikomotorik
2.       Yang tidak termasuk jenis-jenis evaluasi adalah...
a.       Pre-test dan post-test
b.      Evaluasi prasyarat
c.       UN/USBN
d.      Membaca
3.       Berikut yang bukan merupakan peranan evaluasi pembelajaran, adalah…
a.       Mengukur prestasi siswa
b.      Sebagai teori belajar
c.       Mengevaluasi kurikulum
d.      Memperbaiki materi dan program pendidikan
1.      Berikut ini yang bukan faktor linkungan sekolah adalah....
a.    Metode mengajar
b.    Relasi guru dengan siswa
c.    Mempersiapkan anak untuk suatu pekerjaan
d.    Pelajaran dan waktu sekolah
2.      Berikut ini yang termasuk faktor faktor lingkungan keluarga adalah....
a.    Pelajaran dan waktu sekolah
b.    Relasi antara anggota keluarga
c.    Mass media
d.    Bersifat membantu
3.      Berikut ini yang merupakan faktor linkungan masyarakat adalah....
a.    Peranan masyarakat dalam pendidikan
b.    Adanya kurikulum yang menantang dan terarah
c.    Relasi siswa dengan siswa
d.    Keadaan ekonomi keluarga
1.     .Faktor yang mempengaruhi system pembelajaran adalah …..
     a. faktor umur
     b.faktor kesehatan
     c.faktor tujuan
     d.faktor keluarga
2.Yang manakah bukan termasuk bawaan dari keturunan adalah,Kecuali…..
     a.Pembawaan sejak lahir
     b.Pembawaan jenis
     c.Pembawaan ras
e.          d.Pembawaan individu
3.Apa yang di maksud dengan Insting…..
f.            a.Kebiasaan yang berulang-ulang
g.          b.tingkah laku yang didapat dari belajar
h.          c.Tingkah lak dari hereditas
i.            d. aktivitas manusia yang tidak didapat dari belajar melainkan dari kodratnya.
1.       Berikut motif nilai pribadi menurut McClelland mencakup tiga hal, kecuali.
a)      Kebutuhan untuk berprestasi
b)      Kebutuhan untuk berkuasa
c)       Kebutuhan untuk berafilasi
d)      Kebutuhan untuk belajar
2.       Untuk membentuk karakter pada proses pembelajaran startegi motifasih yang paling cocok digunakan adalah?
a)      Hukuman dan pujian
b)      kompetisi dan hadiah
c)       bervariasi dan membangkitkan dorongan
d)      pujian dan membangkitkan dorongan
3.       Salah satu contoh lingkungan sosial siswa, kecuali.
a)      Rumah
b)      Sekolah
c)       Masyarakat
d)      Pemerintah

1.      Faktor yang bukan bagian dari faktor lingkungan sekolah adalah….
a.       Kurikulum                                                c. Standar pelajaran
b.      Tugas rumah                                 d. Latarbelakang kebudayaan

2.      Lingkungan belajar yang paling berpengaruh bagi anak adalah….
a.       Lingkungan sosial                                    c. Lingkungan keluarga
b.      Lingkungan sekolah                     d. Lingkungan masyarakat

3.      Lingkungan belajar di rumah yang perlu diperhatikan adalah….
a.       Kebisingan                                   c. Perabotan belajar
b.      Ruangan belajar                           d. Kurikulum


1.       Di bawah ini adalah pendapat Gagne tentang 3 unsur pokok dalam belajar,kecuali?
a.       Proses                                                                          c.motivasi
b.      Perubaan perilaku                                                     d.pengalaman
2.       Yang manakah di bawah ini yang termasuk peran guru sebagai motor penggerak” dalam suatu aktivitas belajar?
a.       Guru sebagai pengajar                                    c. Guru sebagai ilmuan
b.      Guru sebagai pembimbing                             d. Guru sebagai mativator
3.       Di bawah ini yang menjadi model atau gaya-gaya pembelajaran di sekolah dasar,kecuali?
a.       Diskusi                                                                          c. Auditori
b.      Visual                                                                            d.kinestetik
1.       Yang mengemukakan teori lingkungan atau aliran empirisme adalah ...
A.      Charles darwin
B.      John lock
C.      Gregor mendel
D.      Arthur schophenhauer
2.       Dalam lingkungan pendidikan dan pembelajaran salah satu lingkungannya adalah lngkungan intelektual. Berikut ini manakah yang termasuk contoh lingkungan intelektual, kecuali ...
A.      Sumber pelajaran
B.      Aktifitas perkembangan berfikir
C.      Penerapan berfikir
D.      Karyawan
3.       Kemampuan yang bersifat umum untuk mengadakan penyesuaian terhadap sesuatu situasi atau masalah disebut ...
A.      Intelegensi
B.      Bakat
C.      Penyakit atau cacat tubuh
D.      Sifat-sifat
1.Apa arti dari Measurement....?
A.   Penilaian yang bersifat lebih luas
B.   Membantu memperhitungkan potensi murid
C.   Memberikan informasi paling akurat
D.   Meningkatkan efektivitas pengajaran
2. Pada tahun berapa tyler mengemukakan evaluasi perfokus pada upaya untuk menentukan tingkat perubahan yang terjadi pada hasil belajar!
A.   1950
B.   1960
C.   1949
D.   1961
3. Evaluasi juga berfungsi untuk menetapkan kedudukan suatu program pembelajaran berdasarkan....?
A.   Moral
B.   Kriteria
C.   Sifat
D.   Kecerdasan
1.       Intelegensi adalah .....
A.faktor yang mempengaruhi setiap perilaku individu seseorang dan di peroleh dari     pengalaman
B.Suatu kegiatan pertukaran fikiran individu
C.Interaksi antara individu dan lingkungannya
D.sifat individu yang mengarahkan sessuatu perubahan pada diri individu
        2.    Segala keadaan di luar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan intelegensi di  sebut ......
A.Pembawaan
B.Kematangan
C.Pembentukan
D.Kebebasan
         3.  Kemampuan untuk menyesuaikan diri pada tuntutan baru di bantu dengan penggunaan fungsi berfikir  yang di kemukakan oleh ......
                A.Garret
B.William Stern
C.Singgih Gunarsa
D.Wachler
1.      Yang manakah termasuk langkah-langkah standar yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran ?
a.      Tujuan pembelajaran
b.      Media pembelajaran
c.       Kompetensi pembelajaran
d.      Pendahuluan, inti, penutup
2.      Pada tanggal berapakah permendiknas no. 41 tahun 2007 standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah ?
a.      23 November 2007
b.      24 Juli 2007
c.       22 November 2007
d.      25 Juli 2007
3.      pada kurikulum berapakah mengatakan sekolah dasar merupakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dari kelas I sampai VI ?
a.      Kurikulum 2013
b.      Kurikulum 2014
c.       Kurikulum 2015
d.      Kurikulum 2016
1.        Belajar merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia melalui pengalaman dan latihan untuk memperoleh kemampuan baru, pernyataan tersebut dinyatakan oleh......
a.       Mc. Keachie                                                 c.   Hilgard
b.      Morgan                                                         d.  Gerow
2.        Suatu upaya membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern merupakan pengertian dari teori.....
a.       Teori Kognitivisme                                      c.  Teori Konstruktivisme
b.      Teori Behaviorisme                                      d.  Teori Connectisme
3.        Belajar adalah suatu perilaku pada saat beajar maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, apabila ia tidak belajar maka responnya menurut. Penyataan tersebut dinyatakan oleh....
a.       Skinner                                                        c.  John watson
b.      Gagne                                                          d.  Edwin Guthrie
1.      Belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya. Definisi ini dikemukakan oleh....
a.       Ernest R. Hilgard
b.      Winkel
c.     Edwin Guthrie
d.    Burrhus Frederic Skinner
2.      Yang tidak termasuk teori-teori belajar yaitu....
a.       Teori Humanistik
b.      Teori Behaviorisme
c.       Teori Nativisme
d.      Teori Kognitif
3.      Guru melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber belajar yang tersedia atau dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar….
a.       Teori Humanistik
b.      Teori Behaviorisme
c.       Teori Nativisme
d.      Teori Kognitif
1.       Beberapa komponen rpp di bawah ini, kecuali
a.       Identitas sekolah
b.      Kompetensi dasar
c.       Fleksibel
d.      Materi pokok
2.       Tujuan rpp dibawah ini, kecuali
a.       Membantu peserta didik berkonsentrasi
b.      Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar
c.       Mengasah keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran
d.      Membentuk sikap profesional guru
3.       1. Guru mengabsen peserta didik
2. guru mengajukan pertanyaan terkait materi sebelumnya
3. guru menciptakan kesiapan belajar peserta didik
Kegiatan pelaksanaan pembelajaran tersebut dilakukan pada
a.       Kegiatan inti
b.      Kegiatan mempersiapkan
c.       Kegiatan penutup
d.      Kegiatan pendahuluan
1.       Lingkungan belajar adalah tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang mendapatkan pengaruh dari luar terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut, menururut ahli ...
a.       KI. Hajar dewantara
b.      Webster’s new collegiate dictionary
c.       Tulus tu’u
d.      Soemardjan dan dan soemardi
2.       Salah satu faktor di masyarakat yang benar adalah ...
a.       Membantu pengadaan tenaga
b.      Menyediakan lapangan kerja
c.       Sarana dan prasarana
d.      Bentuk kehidupan masyarakat
3.       Yang termasuk faktor faktor  keluarga adalah, kecuali ...
a.       Cara orang tua mendidik
b.      Suasana rumah
c.       Keadaan ekonomi keluarga
d.      Tugas rumah
1.       Di bawah ini adalah prinsip-prinsip motivasi menurut Keller (1983), kecuali ?
a.       Attention (perhatian)
b.      Relevance (relevansi)
c.       Experience (pengalaman)
d.      Confidence (percaya diri)
2.       Yang termasuk faktor fisiologi yang mempengaruhi belajar adalah ?
a.       Minat
b.      Kondisi panca indera
c.       Motivasi
d.      Kecerdasan
3.       Motivasi yang timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dan dorongan dari orang lain adalah pengertian dari ?
a.       Motivasi ekstrinsik
b.      Motivasi prestasi
c.       Motivasi investasi
d.      Motivasi intrinsik
1.          Beberapa tipe-tipe kecerdasan dibawah ini, kecuali...
a.       Musical
b.      Visual-spatial
c.       Kreatif
d.      Naturalis
2.       Karir yang cocok untuk visual-spatial adalah...
a.       Dokter
b.      Arsitek
c.       Polisi
d.      Guru
3.       Faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan dibawah ini,  kecuali...
a.       Biologis
b.      Lingkungan
c.       Budaya
d.      Kurikulum
1.      Pengertian evaluasi secara etimologi adalah...
a.       Penilaian terhadap sesuatu
b.      Penilaian orang lain
c.       Penawaran terhadap sesuatu
d.      Penilaian yang lebih luas

2.      yang bukan merupakan makna evaluasi sebagai hasil belajar adalah ?
a.       makna bagi siswa
b.      makna bagi guru
c.       makna bagi tetangga
d.      makna bagi orang tua

3.       “Mengukur prestasi siswa” merupakan salah satu bagian dari ?
a.       tujuan evaluasi
b.      fungsi evaluasi
c.       makna evaluasi
d.      peranan evaluasi
1.     Dibawa ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi intelegensi?
A.   Kematangan
B.   Keluarga
C.   Pembawaan
D.   Minat
2.     IQ lebih dari 140 merupakan tingkat kecerdasan ?
A.   Sangat superior
B.   Normal tinggi
C.   Jenius
D.   Normal renda
3.     Faktor ekstrinsik dalam hubungan intelegensi dan kreativitas ?
A.   Adat istiadat
B.   Inteligensi
C.   Bakat
D.   Kepribadian
4.     Kenapa kita harus melakukan tes intelegensi ?
A.   Untuk menjadi panutan
B.   Untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang
C.   Untuk mengasah emosi anak
D.   Untuk mengerjakan soal pembelajaran
1.      Berikut ini beberapa lingkungan pendidikan dan pembelajaran yang mempengaruhi proses belajar adalah kecuali,…
a.       Lingkungan sosial                                                           
b.      Lingkungan fisik
c.       Lingkungan intelektual
d.      Lingkungan air

2.      Berikut ini pernyataan yang benar tentang Hukum Hereditas adalah
a.       Hukum Reproduksi, hereditas berlangsung dengan perantara sel benih, berarti tidak melalui sel somatis (sel tumbuh)
b.      Hukum Regresi Fisial, setiap jenis spesies menurunkan jenis spesiesnya sendiri atau setiap golongan makhluk akan menurunkan golongan makhluk itu sendiri.
c.       Hukum Variasi  sifat-sifat dan ciri-ciri manusia menunjukkan kecenderungan kearah rata-rata
d.      Hukum Konfirmetet individu-individu dalam satu species, di samping adanya ciri-ciri dan sifat-sifat yang menunjukkan persamaan
3.      Berikut yang tidak termasuk sifat yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya adalah…
a.       Akhlak
b.      Bentuk wajah
c.       Intelektual
d.      Penyakit atau cacat
1.      Ciri-ciri belajar adalah....
a.      Aktifitas yang dapat menghasilkan perubahan dalam diri seseorang baik secara aktual dan potensial, baik dapat diamati secara langsung maupun tidak langsung
b.      Menjadi manusia berarti memiliki kekuatan wajar untuk belajar
c.       Anak mengembangkan pikiran logis
d.      Anak mengenal lingkungan
2.      Dalam ranah kognitif terdiri dari enam jenis perilaku, salah satu jenis perilaku tersebut adalah....
a.      Penerimaan
b.      Pembentukan pola hidup
c.       Gerakan terbimbing
d.      Pengetahuan
3.      Ciri-ciri belajar visual adalah, kecuali....
a.      Bicara agak cepat
b.      Pembaca cepat dan tekun
c.       Penampilan rapih
d.      Lebih suka musik dari pada seni
1.       Dibawah ini beberapa unsur belajar ,emurut Gegne, Kecuali ?
a.       Peserta Didik
b.      Motivasi
c.       Rangsangan (Stimulus)
d.      Memori
2.       Dibawah ini yang termasuk salah satu ciri-ciri belajar kinestik adalah?
a.       Berbicara Perlahan
b.      Bicara Agak Cepat
c.       Mudah Terganggu Oleh Keributan
d.      Gunakan Musik Untuk Mengajarkan Anak
3.       Menurut Adams & Dickey peran guru sesungguhnya sangat luas, kecuali?
a.       Guru sebagai pengajar
b.      Guru sebagai pembimbing
c.       Guru sebagai ilmuan
d.      Guru sebagai motivasi
1.      Berikut ini yang tidak termasuk dalam komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah....
a.      Identitas mata pelajaran
b.      Teori-teori pembelajaran
c.       Standar kompetensi
d.      Materi pelajaran
2.      Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kecuali....
a.      Mencantumkan identitas mata pelajaran
b.      Menentukan media pembelajaran
c.       Mendorong partisipasi peserta didik
d.      Menentukan sumber belajar
3.      Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah....
a.      Mengasah keterampilan guru dalam membuat persiapan mengajar
b.      Mempermudah dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar
c.       Membentuk sikap profesional sebagai guru
d.      Meningkatkan motivasi belajar peserta didik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah: Strategi Pembelajaran PKN di SD | zacary Ngeblog

FILSAFAT PENDIDIKAN : MANUSIA PERLU DIDIDIK DAN PERLU MENDIDIK DIRI

Makalah : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (TEORI-TEORI BELAJAR ( zacary ngeblog )