soal belajar dan pembelajaran dan jawaban ( zacary ngeblog )
1.
Menurut Ki Hajar Dewantara,
lingkungan pendidikan mencakup, kecuali…
a.
Lingkungan keluarga
b.
Lingkungan remaja
c.
Lingkungan sekolah
d.
Lingkungan masyarakat
2.
Dalam lingkungan keluarga terdapat
keluarga inti, kecuali…
a.
Nenek
b.
Ayah
c.
Ibu
d.
Anak
3.
Lingkungan sekolah dipahami
sebagai lembaga pendidikan formal, dimana ditempat inilah kegiatan belajar
mengajar berlangsung, ilmu pengetahuan diajarkan dan dikembangkan kepada anak
didik. Pendapat tersebut adalah pendapat menurut...
a.
Ki Hajar Dewantara
b.
Ir. Soekarno
c.
Soeharto
d.
Tulus Tu’u
1.Sebutkan
prinsip-prinsip yang di terapkan pada
proses pembelajaran model ARSC
A. attention
B.relefance (relevasi)
C.confidence (percaya diri)
D.kepuasan
2.Sebutkan
macam-macam motovasi,KECUALI
A.Movitasi intrisik
b.motivasi ekstrinsik
C.motivasi keluar
D.motivasi kedalam
3. Sebutkan yang
dapat di kembangkan dalam upaya menumbuhkan motivasi belajar siswa..
A.menjelaskan tujuan belajar kesiswa
B.berilah hadiah kepada siswa yang
berprestasi
C.Saingan kompetensi
D.pujia
1.
Yang termasuk ruang lingkup
evaluasi pendidikan, kecuali…
a.
Ranah kognitif
b.
Ranah emosional
c.
Ranah afektif
d.
Ranah psikomotorik
2.
Yang tidak termasuk
jenis-jenis evaluasi adalah...
a.
Pre-test dan post-test
b.
Evaluasi prasyarat
c.
UN/USBN
d.
Membaca
3.
Berikut yang bukan merupakan
peranan evaluasi pembelajaran, adalah…
a.
Mengukur prestasi siswa
b.
Sebagai teori belajar
c.
Mengevaluasi kurikulum
d.
Memperbaiki materi dan program
pendidikan
1. Berikut ini yang bukan faktor
linkungan sekolah adalah....
a. Metode mengajar
b. Relasi guru dengan siswa
c. Mempersiapkan
anak untuk suatu pekerjaan
d. Pelajaran dan waktu
sekolah
2. Berikut ini yang termasuk
faktor faktor lingkungan keluarga adalah....
a. Pelajaran dan waktu
sekolah
b. Relasi antara
anggota keluarga
c. Mass media
d. Bersifat membantu
3. Berikut ini yang merupakan
faktor linkungan masyarakat adalah....
a. Peranan
masyarakat dalam pendidikan
b. Adanya kurikulum yang
menantang dan terarah
c. Relasi siswa dengan siswa
d. Keadaan ekonomi keluarga
1.
.Faktor yang mempengaruhi
system pembelajaran adalah …..
a. faktor umur
b.faktor kesehatan
c.faktor tujuan
d.faktor keluarga
2.Yang
manakah bukan termasuk bawaan dari keturunan adalah,Kecuali…..
a.Pembawaan sejak lahir
b.Pembawaan jenis
c.Pembawaan ras
e.
d.Pembawaan individu
3.Apa yang
di maksud dengan Insting…..
f.
a.Kebiasaan yang berulang-ulang
g.
b.tingkah laku yang didapat dari belajar
h.
c.Tingkah lak dari hereditas
i. d. aktivitas manusia yang tidak didapat dari
belajar melainkan dari kodratnya.
1.
Berikut motif nilai pribadi
menurut McClelland mencakup tiga hal, kecuali.
a)
Kebutuhan untuk berprestasi
b)
Kebutuhan untuk berkuasa
c)
Kebutuhan untuk berafilasi
d) Kebutuhan untuk
belajar
2.
Untuk membentuk karakter pada
proses pembelajaran startegi motifasih yang paling cocok digunakan adalah?
a) Hukuman dan pujian
b)
kompetisi dan hadiah
c)
bervariasi dan membangkitkan
dorongan
d)
pujian dan membangkitkan
dorongan
3.
Salah satu contoh lingkungan
sosial siswa, kecuali.
a)
Rumah
b)
Sekolah
c)
Masyarakat
d) Pemerintah
1.
Faktor
yang bukan bagian dari faktor lingkungan sekolah adalah….
a.
Kurikulum c.
Standar pelajaran
b.
Tugas
rumah d.
Latarbelakang kebudayaan
2.
Lingkungan
belajar yang paling berpengaruh bagi anak adalah….
a.
Lingkungan
sosial c.
Lingkungan keluarga
b.
Lingkungan
sekolah d. Lingkungan
masyarakat
3.
Lingkungan
belajar di rumah yang perlu diperhatikan adalah….
a.
Kebisingan c. Perabotan
belajar
b.
Ruangan
belajar d.
Kurikulum
1.
Di bawah ini adalah pendapat
Gagne tentang 3 unsur pokok dalam belajar,kecuali?
a.
Proses
c.motivasi
b.
Perubaan perilaku
d.pengalaman
2.
Yang manakah di bawah ini yang
termasuk peran guru sebagai “ motor penggerak” dalam suatu aktivitas
belajar?
a.
Guru sebagai pengajar c. Guru sebagai ilmuan
b.
Guru sebagai pembimbing d. Guru sebagai
mativator
3.
Di bawah ini yang menjadi model
atau gaya-gaya pembelajaran di sekolah dasar,kecuali?
a.
Diskusi c.
Auditori
b.
Visual
d.kinestetik
1.
Yang mengemukakan teori
lingkungan atau aliran empirisme adalah ...
A.
Charles darwin
B.
John lock
C.
Gregor mendel
D.
Arthur schophenhauer
2.
Dalam lingkungan pendidikan dan
pembelajaran salah satu lingkungannya adalah lngkungan intelektual. Berikut ini
manakah yang termasuk contoh lingkungan intelektual, kecuali ...
A.
Sumber pelajaran
B.
Aktifitas perkembangan berfikir
C.
Penerapan berfikir
D.
Karyawan
3.
Kemampuan yang bersifat umum
untuk mengadakan penyesuaian terhadap sesuatu situasi atau masalah disebut ...
A.
Intelegensi
B.
Bakat
C.
Penyakit atau cacat tubuh
D.
Sifat-sifat
1.Apa
arti dari Measurement....?
A. Penilaian
yang bersifat lebih luas
B. Membantu
memperhitungkan potensi murid
C. Memberikan
informasi paling akurat
D. Meningkatkan
efektivitas pengajaran
2.
Pada tahun berapa tyler mengemukakan evaluasi perfokus pada upaya untuk
menentukan tingkat perubahan yang terjadi pada hasil belajar!
A. 1950
B. 1960
C. 1949
D. 1961
3.
Evaluasi juga berfungsi untuk menetapkan kedudukan suatu program pembelajaran
berdasarkan....?
A. Moral
B. Kriteria
C. Sifat
D. Kecerdasan
1.
Intelegensi adalah .....
A.faktor yang mempengaruhi setiap perilaku individu
seseorang dan di peroleh dari
pengalaman
B.Suatu kegiatan pertukaran fikiran individu
C.Interaksi antara individu dan lingkungannya
D.sifat individu yang mengarahkan sessuatu perubahan pada diri individu
2. Segala keadaan di luar diri seseorang yang
mempengaruhi perkembangan intelegensi di
sebut ......
A.Pembawaan
B.Kematangan
C.Pembentukan
D.Kebebasan
3. Kemampuan untuk menyesuaikan diri pada
tuntutan baru di bantu dengan penggunaan fungsi berfikir yang di kemukakan oleh ......
A.Garret
B.William
Stern
C.Singgih Gunarsa
D.Wachler
1.
Yang manakah termasuk langkah-langkah standar yang harus
dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran ?
a.
Tujuan pembelajaran
b.
Media pembelajaran
c.
Kompetensi pembelajaran
d.
Pendahuluan, inti, penutup
2.
Pada tanggal berapakah permendiknas no. 41 tahun 2007
standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah ?
a.
23 November 2007
b.
24 Juli 2007
c.
22 November 2007
d.
25 Juli 2007
3.
pada kurikulum berapakah mengatakan sekolah dasar
merupakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dari kelas I sampai VI ?
a.
Kurikulum 2013
b.
Kurikulum 2014
c.
Kurikulum 2015
d.
Kurikulum 2016
1.
Belajar
merupakan usaha sadar yang dilakukan manusia melalui pengalaman dan latihan
untuk memperoleh kemampuan baru, pernyataan tersebut dinyatakan oleh......
a.
Mc.
Keachie c. Hilgard
b.
Morgan d. Gerow
2.
Suatu upaya
membangun tata susunan hidup yang berbudaya modern merupakan pengertian dari
teori.....
a.
Teori
Kognitivisme c. Teori Konstruktivisme
b.
Teori
Behaviorisme d. Teori Connectisme
3.
Belajar
adalah suatu perilaku pada saat beajar maka responnya menjadi lebih baik.
Sebaliknya, apabila ia tidak belajar maka responnya menurut. Penyataan tersebut
dinyatakan oleh....
a.
Skinner c. John watson
b.
Gagne d. Edwin Guthrie
1.
Belajar
merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian
menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan
oleh lainnya. Definisi ini dikemukakan oleh....
a.
Ernest
R. Hilgard
b.
Winkel
c. Edwin Guthrie
d. Burrhus Frederic Skinner
2.
Yang
tidak termasuk teori-teori belajar yaitu....
a.
Teori
Humanistik
b.
Teori
Behaviorisme
c.
Teori
Nativisme
d.
Teori
Kognitif
3.
Guru
melakukan pembelajaran dengan memberikan kebebasan yang luas kepada siswa untuk
menentukan apa yang ingin ia pelajari sesuai sumber-sumber belajar yang
tersedia atau dapat disediakan. Pernyataan ini merupakan ciri dari teori belajar….
a.
Teori
Humanistik
b.
Teori
Behaviorisme
c.
Teori
Nativisme
d.
Teori
Kognitif
1.
Beberapa komponen rpp di bawah
ini, kecuali
a.
Identitas sekolah
b.
Kompetensi dasar
c.
Fleksibel
d.
Materi pokok
2.
Tujuan rpp dibawah ini, kecuali
a.
Membantu peserta didik
berkonsentrasi
b.
Mempermudah, memperlancar dan
meningkatkan hasil proses belajar mengajar
c.
Mengasah keterampilan guru
dalam membuka dan menutup pembelajaran
d.
Membentuk sikap profesional
guru
3.
1. Guru mengabsen peserta didik
2. guru mengajukan pertanyaan terkait materi sebelumnya
3. guru menciptakan kesiapan belajar peserta didik
Kegiatan pelaksanaan pembelajaran tersebut dilakukan
pada
a.
Kegiatan inti
b.
Kegiatan mempersiapkan
c.
Kegiatan penutup
d.
Kegiatan pendahuluan
1.
Lingkungan belajar adalah
tempat berlangsungnya kegiatan belajar yang mendapatkan pengaruh dari luar
terhadap keberlangsungan kegiatan tersebut, menururut ahli ...
a.
KI. Hajar dewantara
b.
Webster’s new collegiate
dictionary
c.
Tulus tu’u
d.
Soemardjan dan dan soemardi
2.
Salah satu faktor di masyarakat
yang benar adalah ...
a.
Membantu pengadaan tenaga
b.
Menyediakan lapangan kerja
c.
Sarana dan prasarana
d.
Bentuk kehidupan masyarakat
3.
Yang termasuk faktor
faktor keluarga adalah, kecuali ...
a.
Cara orang tua mendidik
b.
Suasana rumah
c.
Keadaan ekonomi keluarga
d.
Tugas rumah
1.
Di bawah
ini adalah prinsip-prinsip motivasi menurut Keller (1983), kecuali ?
a.
Attention (perhatian)
b.
Relevance (relevansi)
c.
Experience (pengalaman)
d.
Confidence (percaya diri)
2.
Yang
termasuk faktor fisiologi yang mempengaruhi belajar adalah ?
a.
Minat
b.
Kondisi panca indera
c.
Motivasi
d.
Kecerdasan
3.
Motivasi
yang timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dan dorongan
dari orang lain adalah pengertian dari ?
a.
Motivasi
ekstrinsik
b.
Motivasi
prestasi
c.
Motivasi
investasi
d.
Motivasi intrinsik
1.
Beberapa tipe-tipe kecerdasan
dibawah ini, kecuali...
a.
Musical
b.
Visual-spatial
c.
Kreatif
d.
Naturalis
2.
Karir yang cocok untuk
visual-spatial adalah...
a.
Dokter
b.
Arsitek
c.
Polisi
d.
Guru
3.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
kecerdasan dibawah ini, kecuali...
a.
Biologis
b.
Lingkungan
c.
Budaya
d.
Kurikulum
1.
Pengertian evaluasi secara etimologi
adalah...
a.
Penilaian terhadap sesuatu
b. Penilaian
orang lain
c. Penawaran
terhadap sesuatu
d. Penilaian
yang lebih luas
2. yang
bukan
merupakan makna evaluasi sebagai hasil belajar adalah ?
a. makna
bagi siswa
b. makna
bagi guru
c.
makna bagi
tetangga
d. makna
bagi orang tua
3. “Mengukur prestasi siswa” merupakan salah satu
bagian dari ?
a. tujuan
evaluasi
b. fungsi
evaluasi
c. makna
evaluasi
d.
peranan
evaluasi
1. Dibawa
ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi intelegensi?
A. Kematangan
B. Keluarga
C. Pembawaan
D. Minat
2. IQ
lebih dari 140 merupakan tingkat kecerdasan ?
A. Sangat
superior
B. Normal
tinggi
C. Jenius
D. Normal
renda
3. Faktor
ekstrinsik dalam hubungan intelegensi dan kreativitas ?
A. Adat
istiadat
B. Inteligensi
C. Bakat
D. Kepribadian
4. Kenapa
kita harus melakukan tes intelegensi ?
A. Untuk
menjadi panutan
B. Untuk
mengetahui tingkat kecerdasan seseorang
C. Untuk
mengasah emosi anak
D. Untuk
mengerjakan soal pembelajaran
1. Berikut
ini beberapa lingkungan pendidikan dan pembelajaran yang mempengaruhi proses
belajar adalah kecuali,…
a. Lingkungan
sosial
b. Lingkungan
fisik
c. Lingkungan
intelektual
d. Lingkungan
air
2. Berikut
ini pernyataan yang benar tentang Hukum Hereditas adalah
a. Hukum
Reproduksi, hereditas berlangsung dengan perantara sel benih, berarti tidak
melalui sel somatis (sel tumbuh)
b. Hukum
Regresi Fisial, setiap jenis spesies menurunkan jenis spesiesnya sendiri atau
setiap golongan makhluk akan menurunkan golongan makhluk itu sendiri.
c. Hukum
Variasi sifat-sifat dan ciri-ciri
manusia menunjukkan kecenderungan kearah rata-rata
d. Hukum
Konfirmetet individu-individu dalam satu species, di samping adanya ciri-ciri
dan sifat-sifat yang menunjukkan persamaan
3. Berikut
yang tidak termasuk sifat yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya adalah…
a. Akhlak
b. Bentuk
wajah
c. Intelektual
d. Penyakit
atau cacat
1.
Ciri-ciri belajar adalah....
a.
Aktifitas yang dapat menghasilkan perubahan dalam
diri seseorang baik secara aktual dan potensial, baik dapat diamati secara
langsung maupun tidak langsung
b.
Menjadi manusia berarti memiliki kekuatan wajar untuk
belajar
c.
Anak mengembangkan pikiran logis
d.
Anak mengenal lingkungan
2.
Dalam ranah kognitif terdiri dari enam jenis perilaku,
salah satu jenis perilaku tersebut adalah....
a.
Penerimaan
b.
Pembentukan pola hidup
c.
Gerakan terbimbing
d.
Pengetahuan
3.
Ciri-ciri belajar visual adalah, kecuali....
a.
Bicara agak cepat
b.
Pembaca cepat dan tekun
c.
Penampilan rapih
d.
Lebih suka musik dari pada seni
1.
Dibawah ini beberapa unsur
belajar ,emurut Gegne, Kecuali ?
a.
Peserta Didik
b.
Motivasi
c.
Rangsangan (Stimulus)
d.
Memori
2.
Dibawah ini yang termasuk salah
satu ciri-ciri belajar kinestik adalah?
a.
Berbicara Perlahan
b.
Bicara Agak Cepat
c.
Mudah Terganggu Oleh Keributan
d.
Gunakan Musik Untuk Mengajarkan
Anak
3.
Menurut Adams & Dickey
peran guru sesungguhnya sangat luas, kecuali?
a.
Guru sebagai pengajar
b.
Guru sebagai pembimbing
c.
Guru sebagai ilmuan
d.
Guru sebagai motivasi
1.
Berikut ini yang tidak termasuk dalam komponen Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran adalah....
a.
Identitas mata pelajaran
b.
Teori-teori pembelajaran
c.
Standar kompetensi
d.
Materi pelajaran
2.
Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, kecuali....
a.
Mencantumkan identitas mata pelajaran
b.
Menentukan media pembelajaran
c.
Mendorong partisipasi peserta didik
d.
Menentukan sumber belajar
3.
Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan dari Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran adalah....
a.
Mengasah keterampilan guru dalam membuat persiapan
mengajar
b.
Mempermudah dan meningkatkan hasil proses belajar
mengajar
c.
Membentuk sikap profesional sebagai guru
d.
Meningkatkan motivasi belajar peserta didik
Komentar
Posting Komentar