Makalah: KARAKTERISTIK MUSIK UNTUK ANAK | zacary ngeblog



KARAKTERISTIK MUSIK UNTUK ANAK

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Lagu-lagu anak, seperti Tukang Pos, Lihat Kebunku, Kucingku, dan Kereta Apiku memiliki peranan yang sentral dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, yakni sebagai sarana ekspresi diri dan pendidikan dalam rangka meningkatkan hidup dan kualitas manusia. Karena itu, anak-anak sejak dini perlu mendapatkan asupan lagu yang mampu menumbuhkan rasa saling berbagi, gotong-royong, cinta lingkungan, dan cinta tanah air.
Saat ini banyak dijumpai anak-anak yang menyanyikan lagu dengan lirik yang tidak sesuai dengan perkembangan anak-anak karena yang dinyanyikan adalah lagu orang dewasa. Salah satu sebabnya, jarang dijumpai acara atau program khusus untuk anak-anak yang menayangkan lagu-lagu anak klasik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang tua dan para pendidik sehingga ada upaya atau gerakan memunculkan kembali lagu-lagu anak di kalangan masyarakat.
Ketika anak-anak mendendangkan lagu, anak secara tidak langsung juga belajar bahasa. Kata-kata mempunyai peranan yang penting karena menggambarkan isi atau pesan dari lagu tersebut. Lagu anak juga berperan sebagai musik pendidikan yang lebih memerhatikan efek dari musik terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.  
B.     RUMUSAN MASALAH
1.        Bagaimana karakteristik anak?
2.        Bagaimana karakteristik lagu yang sesuai untuk anak?
C.     TUJUAN
1.      Untuk mengetahui karakteristik anak.
2.      Untuk mengetahui karakteristik lagu yang sesuai untuk anak.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Karakteristik Anak
Masa usia sekolah adalah babak terakhir bagi periode perkembangan dimana manusia masih digolongkan sebagai anak masa usia sekolah dikenal juga sebagai masa tengah dan akhir dari masa kanak-kanak, pada masa inilah anak paling siap untuk belajar. Mereka ingin menciptakan sesuatu, bahkan berusaha untuk dapat membuat sesuatu sebaik-baiknya, ingin sempurna dalam segala hal.
Pada masa ini anak menjalani sebagian besar dari kehidupannya di sekolah yaitu di Sekolah Dasar. pada masa ini dikatakan pula sebagai masa konsolidasi. Masa usia sekolah dasar sering pula disebut sebagai masa intelektual atau masa keserasian sekolah. Pada masa keserasian sekolah ini secara relatif anak-anak lebih mudah dididik dari pada sebelumnya dan sesudahnya.
Masa ini dapat dirinci lagi menjadi 2 fase
1.        Masa kelas-kelas rendah sekolah dasar kira-kira umur 6 atau 7 tahun sampai umur 9 atau 10 tahun
Beberapa sifat khas anak pada masa ini antara lain adalah:
a.    Adanya korelasi positif yang tinggi antara keadaan jasmani dengan prestasi sekolah
b.    Sikap tunduk kepada peraturan-peraturan permainan yang tradisional
c.    Ada kecenderungan menuju diri sendiri
d.   Suka membanding-bandingkan dirinya dengan anak lain ada kecenderungan meremehkan anak lain.
e.    kalau tidak dapat menyelesaikan sesuatu hal, maka soal itu dianggapnya tidak penting.
f.     Pada masa ini anak menghendaki nilai raport yang baik, tanpa mengingat apakah prestasinya memang pantas diberi nilai atau tidak.

2.        Masa kela-kelas tinggi sekolah dasar kira-kira umur 9 tahun 10 tahun sampai kira-kira umur 12 atau 13 tahun
Beberapa sifat khas anak-anak pada masa ini adalah:
a.    Adanya minat terhadap kehidupan praktis sehari-hari yang konkret
b.    Amat realistis, ingin tahu, ingin belajar
c.    Menjelang akhir masa ini telah ada minat kepada hal-hal dan mata pelajaran khusus
d.   Sampai kira-kira umur II tahun anak dapat membutuhkan seorang guru / orang-orang dewasa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya dan memenuhi keinginannya. Setelah kira-kira umur II tahun pada umumnya anak menghadapi tugasnya dengan bebas dan berusaha menyelesaikannya sendiri
e.    Pada masa ini anak memandang (nilai raport) sebagai ukuran yang tepat (sebaik-baiknya) mengenai prestasi sekolah
f.     Anak-anak pada masa ini gemar membentuk kelompok sebaya biasanya untuk dapat bermain bersama-sama
g.    Mengembangkan kata hati, moralitas suatu skala nilai-nilai
Adapun karakeristik dan kebutuhan peserta didik sebagai berikut:
1.    Senang bermain.
2.    Senang bergerak.
3.    Anak senang bekerja dalam kelompok.
4.    Senang merasakan atau melakukan/memperagakan sesuatu secara langsung.




B.     Karakteristik lagu  yang sesuai untuk  anak
Berikut ini ada lima lagu yang sesuai untuk anak:
1.        Kasih Ibu
Kasih Ibu
Kasih ibu,
kepada beta
tak terhingga sepanjang masa
Hanya memberi,
tak harap kembali,
Bagai sang surya, menyinari dunia.

Karya : SM. Mochtar
Tujuan lagu     : Lagu ini diciptakan untuk mengajarkan dan memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang kasih sayang seorang ibu kepada anak-anaknya. Dengan demikian anak-anak dapat menyadari betapa besarnya kasih sayang seorang ibu sehingga anak-anak dapat menghargai dan membalas kasih sayang seorang ibu.
Pengaruh         : Lagu ini memiliki pengaruh positif terhadap anak-anak, yaitu anak-anak akan lebih menghargai, menghormati, patuh, dan lebih menyayangi seorang ibu.
2.        Pergi belajar
Pergi Belajar
oh, ibu dan ayah, selamat pagi
kupergi sekolah sampai kan nanti
selamat belajar nak penuh semangat
rajinlah selalu tentu kau dapat
hormati gurumu sayangi teman
itulah tandanya kau murid budiman
Karya : Ibu Sud
Tujuan  lagu    : Lagu ini diciptakan dengan tujuan agar anak-anak tidak malas untuk pergi ke sekolah. Melalui lagu ini anak-anak akan mempunyai semangat dan keinginan yang kuat untuk pergi belajar. Selain itu, anak-anak akan menyadari betapa pentingnya belajar sejak dini demi masa depan mereka yang lebih cerah.
Pengaruh         : Lagu ini memiliki pengaruh positif terhadap anak-anak karena pesan yang terkandung dalam lagu ini sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Melalui lagu ini anak akan menjadi lebih bersemangat dalam belajar dan pergi ke sekolah dan menghormati guru-guru mereka.
3.        Kebunku 
Kebunku 
Lihat kebunku
penuh dengan bunga
ada yang putih,
dan ada yang merah
setiap hari
kusiram semua
mawar melati,
semuanya indah!
Karya : Ibu Sud
Tujuan lagu     : Lagu ini diciptakan untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang keindahan alam, yaitu bunga-bunga. Lagu ini juga mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan alam yang ada di sekitar.
Pengaruh         : Lagu ini memiliki pengaruh positif terhadap anak, yaitu anak akan lebih peduli terhadap lingkungan dengan menjaga dan merawat lingkungan.
4.        Pelangi pelangi
Pelangi pelangi
Pelangi pelangi
Alangkah indahmu
Merah kuning hijau
Di langit yang biru
Pelukismu agung
Siapa gerangan
Pelangi pelangi
Ciptaan Tuhan

Karya : AT Mahmud
Tujuan lagu     : Lagu ini diciptakan agar anak dapat melihat keindahan alam dan keagungan Tuhan yang telah menciptakan alam ini dengan indahnya. Melalui lagu ini anak-anak dapat mengagumi keindahan alam salah satunya pelangi. Selain itu, anak-anak diajarkan untuk mensyukuri ciptaan Tuhan yang ada di alam ini.
Pengaruh         : Lagu ini memiliki pengaruh positif terhadap anak, yaitu anak akan lebih mengagumi akan keindahan alam ciptaan Tuhan, sehingga anak-anak dapat mengagungkan kebesaran Tuhan.
5.        Naik delma 
Naik Delman
Pada Hari Minggu ku turut ayah ke kota
naik delman istimewa ku duduk di muka
Ku duduk samping pak kusir yang sedang bekerja
mengendarai kuda supaya baik jalannya Hei!
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk tik-tak-tik-tuk
Tuk-tik-tak-tik-tuk tik-tak suara s’patu kuda

Karya : Ibu Sud
Tujuan lagu     : Lagu ini diciptakan agar anak-anak dapat mengenal salah satu kendaraan tradisional Indonesia, yaitu delman. Melalui lagu ini anak-anak dapat tahu dan bisa membayangkan seperti apakah delman itu dan bagimanakah delman itu dikendarai. Selain, itu lagu ini diciptakan agar anak-anak dapat merasa ceria.
Pengaruh         : Lagu ini memiliki pengaruh positif terhadap anak. Lagu yang memiliki ketukan cepat ini membuat anak-anak lebih ceria dalam menyanyikannya sehingga membuat perasaan anak-anak menjadi senang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah: Strategi Pembelajaran PKN di SD | zacary Ngeblog

MAKALAH: BELAJAR DAN PEMBELAJARAN HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN ( ZACARY NGEBLOG )

Makalah : BELAJAR DAN PEMBELAJARAN (TEORI-TEORI BELAJAR ( zacary ngeblog )